Minggu, 16 Februari 2014

CARA MENYAYANGI ANAK

Berikut ini artikel tentang CARA MENYAYANGI ANAK, selamat membaca

CARA MENYAYANGI ANAK


Sering kita temui berbagai permasalahan dalam mendidik dan menyayangi  anak, bahkan sering juga kita temui orang tua yang mempunyai perangai kasar dalam mendidik anak,mungkin maksud dan niat mereka benar,tapi dengan cara yang salah maka yang kita dapat tidak seperti yang kita inginkan. ada juga yang bersikap acuh tak acuh terhadap anak2mereka,bahkan menyerahkan kasih sayang anak terhadap orang lain.,dengan itu mari kita contoh Rosulullah dalam menyikapi anak dan menyayanginya.

  1. Rosul bermain-main (menghibur) dengan anak2 dan kadang2 rosul memangku mereka.,Beliau menyuruh Abdullah,Ubaidillah dan lain2 dari putra2 pamanya Al-Abbas RA untuk berbaris lalu berkata,”siapa yg lebih dulu sampai kepadaku akan ku beri sesuatu(hadiah).” Mereka pun berlomba2 menuju beliau,kemudian duduk dipangkuan beliau, lalu  rosul memeluk mereka dan menciuminya.
  2. Al-Aqraa bin harits melihat nabi Muhammad SAW mencium Al-HAsan RA lalu berkata,” wahai rosulullah, aku belum pernah mencium mereka.” Rosul bersabda: “Aku tidak akan mengangkat engkau sebagai seorang pemimpin apabila Allah telah mencabut rasa kasih sayang dari hatimu.Barang siapa yang tidak memiliki kasih sayang ,niscaya dia tidak akan di sayangi.”
  3. Seorang anak kecil dibawa kepada rosul,supaya dimohonkan berkah dan di beri nama, lalu anak itu dipangku oleh beliau. Tiba-tiba anak itu kencing, lalu orang-orang yang melihatnya beteriak. Beliau berkata,” Jangan diputuskan anak yang sedang kencing,biarkanlah sampai dia selesai dulu kencingnya.” Beliaupun berdoa dan memberi nama, kemudian membsiki orang tuanya supaya jangan mempunyai perasaan bahwa beliau tidak senang terkena air kencing anaknya. ketika mereka tlah pergi beliau memcuci sendiri kain yang terkena kencing tadi.
  4. Nabi Muhammad melakukan sholat,sedangkan umamah binti zaenab diletakkan dileher beliau. Dikala beliau sujud ,umamah tsbt diletakkannya dan bila beliau berdiri umamah diletekkan lagi di leher beliau. Umamah adl anak kecil dari Abu Ash bin Rabigh bin Abdusysyam.
  5. Rosululah pernah lama sekali bersujud dalam sholatnya, maka sahabat bertanya.” Wahai Rosulullah,sesungguhnya engkau lama sekali bersujud,hingga kami mengira  ada sesuatu kejadian atau engkau sedang menerima wahyu. Rosul menjawab.”Tidak apa2 saat itu aku ditunggangi oleh cucuku,maka aku tidak mau melepaskanya hingga dia puas.”Anak itu adalah AL-Hasan atau husein RHa.
  6. Diriwayatkan pd suatu hari raya  rosul keluar rumah untuk melaksanakan sholat ied. Di tengah jalan tiba2 pandangan beliau tertuju pd sseorang yg sedang duduk menyendiri dan menangis tersedu-sedu, bajunya compang-camping dan tidak bersandal.pun rosul menghampiri anak itumengusap kepalanya dan mendekapnya didada beliau seraya bertanya.”mengapa kau menangis nak?.”Ayahku mati dalam suatu pertempuran bersama nabi”. Jawab anak itu.” Lalu ibuku menikah lagi,lalu aku di usir dari rumahnya,sekarang aku tak mempunyai baju  dan makanan yang enak.lalu rosul membimbingnya dan berkata.” Sukakah kamu ila aku menjadi bapakmu,Fatimah  menjadi kakakmu,aisyah menjadi ibumu,ali sebagai pamanmu,Fatimah menjadi kakakmu,hasan husein menjadi saudaramu?” anak itu segera tau ddengan siapa dia  berbicara, maka ia langsung menjawab’”mengapa aku tak suka, ya Rosulullah”. Kemudian rosul membawa ank itu kerumah beliau an diberinya pakaian yang indah memandikanya, dan membrinya perhiasan yang indah-indah lalu mengajaknya makan.kemudian anka itu kembali bermain keluar berrsama teman-temanya sambil tertawa dan kegirangan,,melihat perubahan itu kawan2nya bertanya.” Tadi kamu menangis,kenapa sekarang kamu bergembira,anak itu menjawab,”tadi aku tdk mempunyai pakaian sekarang aku punya, tadi aku lapar sekarang aku kenyang.tadi aku tidak punya bapak,sekarang bapakku rosulullah dan ibuku aisyah.   

 

Yatim

BRTI



Mudah-mudahan CARA MENYAYANGI ANAK di atas mudah difahami serta bermanfaat bagi Anda :)
---
SUMBER artikel CARA MENYAYANGI ANAK dari: facebook/notes/bina-rumah-tangga-islami/cara-menyayangi-anak/10150320432862130
Title: CARA MENYAYANGI ANAK; Written by admin; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar