Selasa, 11 Maret 2014

Nulis Bareng Asma Nadia

Berikut ini artikel tentang Nulis Bareng Asma Nadia, Gramedia 12 Mei 2013, selamat membaca

Nulis Bareng Asma Nadia, Gramedia 12 Mei 2013


Tidak semua penulis bersedia secara khusus mengajak pembaca untuk ikut menulis. Prasangka baiknya, bukan karena mereka tidak peduli tetapi lebih soal waktu 

Bagi penulis, menuliskan ceritanya sendiri saja memerlukan waktu, hingga tidak mudah untuk juga mengurusi tulisan orang lain. 

Sebagai contoh, tetap lebih mudah bagi saya menulis buku sendiri dibanding menerbitkan buku antologi Asma Nadia, dkk

Pertama, harus membaca naskah yang masuk. Ini perlu waktu panjang. Kedua menyeleksi, tidak semua yang dibaca layak diterbitkan, padahal membacanya saja memerlukan waktu dan pemikiran.

Ketiga: saya pribadi punya komitmen membantu mereka yang ingin jadi penulis.

Akibat komitmen itu tidak jarang naskah yang masuk tidak layak ttp kemudian saya tulis ulang, edit super berat agar layak diterbitkan 

Dan waktu yang diperlukan untuk menyusun buku Asma Nadia dkk itu kadang tahunan. Lebih cepat menulis buku sendiri.

modal yang dikeluarkan sama saja menerbitkan buku antologi atau bersama. Secara resiko bagi saya yang pertama lebih beresiko 

Sebab utk buku bersama ada modal di awal, walaupun kompensasi yang saya berikan dlm bentuk buku ttp tetap jika ditotal besar. 

Kompensasi di awal itu tidak perlu ada jika saya menerbitkan buku sendiri.

Tetapi kenapa saya tetap menerbitkan buku bersama, murni ingin membantu memfasilitasi teman2 pembaca, juga peserta workshop

Ada diantara mereka yang menurut saya sebenarnya mungkin layak punya buku sendiri, tetapi penerbit lain mungkin tidak melihat itu 

Pun ktk meminta izin mengutip share teman2 via fb/twitter, niat saya smg itu menjadi semangat. Bukan krn saya kehabisan ide menambah halaman, ya:) Tapi senang bisa berbagi kebahagiaan dengan teman-teman, yang dari banyak testimoni bahagia sekali menemukan nama mereka di buku yang asma terbitkan:)

penulis kontributor dalam buku bersama tidak menanggung resiko seperti yang saya tanggung sebagai penyusun dan penerbit.

Sedikitnya diperlukan modal 30-50 jt rupiah untuk satu kali cetak 3000-5000 eks buku. Jumlah ini dibayarkan oleh penyusun/penerbit 

Bukan satu dua kali terjadi ternyata buku bersama ini tidak jalan. Kontributor tidak menanggung resiko, tetapi saya ya:)

Nominal tsb sama saja jika sebenarnya digunakan untuk menerbitkan buku antologi atau buku saya pribadi.

Belum terhitung waktu yang dikerahkan untuk buku bersama, yg seringkali mengalahkan kesempatan untuk mengedit buku sendiri. 

Intinya saya tidak menerbitkan buku antologi untuk alasan uang. Sbb jk mau, utk alasan serupa bisa saya lakukan dgn buku sendiri. 

Melainkan sedikit kontribusi untuk memfasilitasi teman2 pembaca atau alumni workshop. Awalnya antologi, awalnya komentar mereka dikutip, suatu ketika buku sendiri. Ini upaya berbagi kebahagiaan, dan menambah jam terbang para calon penulis, sebab tidak semua penerbit mau melirik naskah penulis pemula. 

Bedakan narsum, kontributor penulis, penyusun dan editor ya..

narsum itu nara sumber, penulis yang menuliskan kisah narsum tersebut. Siapa saja bisa mencari narsum, hak cipta pada penulis 

Kecuali status penulis sebagai ghost writer, atau diminta menulis kisah seseorang, maka dengan kesepakatan yang tertulis bisa nama narsum. 

Semoga sedikit catatan ini bisa membuat kita membedakan, hingga jernih dan mengetahui mana hak dan kewajiban jika nanti menjadi narsum/kontributor penulis.

(Tips menulis, godaan penulis dll bisa dibaca di buku Twitografi Asma Nadia, www.tokoasmanadia.com). 


Ingin jadi penulis?

Ikuti Gratis! workshop singkat menulis bersama Asma Nadia dan Isa Alamsyah, temukan 'dosa' penulis pemula. 
Sekaligus launching buku Salon Kepribadian dan La Tahzan For Hijabers

Minggu 12 mei 2013. 16:00 - 18:00.
Gramedia Matraman Lt 2

Workshop2 dari Penerbit AsmaNadia pilihan. kami juga sudah menerbitkan karya dari peserta workshop: Think Dinar, My Lovely Roomies, School Girls. Lina Lidia, Reiny Dwinanda, Evatya Luna, dan Galuh Chrysanti, 4 alumni workshop menulis yg kami adakan Dimuat dalam New Catatan Hati Seorang Istri.

Cp: Dedi Padiku 0813-412-412-42


Mudah-mudahan Nulis Bareng Asma Nadia, Gramedia 12 Mei 2013 di atas mudah difahami serta bermanfaat bagi Anda :)
---
SUMBER artikel Nulis Bareng Asma Nadia, Gramedia 12 Mei 2013 dari: facebook/notes/asma-nadia/nulis-bareng-asma-nadia-gramedia-12-mei-2013/10151568863712579
Title: Nulis Bareng Asma Nadia; Written by admin; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar